Keistimewaan Brand Lokal Rucas.co Yang Perlu Kamu Tau!

Rucas.co

Mengenai brand lokal, berita bagusnya sekarang ini sudah banyak sekali brand lokal yang cukup bersaing dan bisa menjadi pemeran utama di negeri sendiri. Produknya sudah nggak kaleng-kaleng, sehingga menjadi pilihan masyarakat umum untuk menggunakannya.

Nah, belakangan ini ada brand lokal yang viral akibat strategi marketing yang berbeda. Yaitu Rucas.co atau yang biasa dikenal Rucas. Brand ini memproduksi jenis pakaian yang utamanya untuk laki-laki. Seperti jaket, celana, kaos, hoodie, kemeja dengan berbagai model.

Dan ternyata sebelum viral seperti sekarang ini, brand Rucas pernah mendapatkan rekor MURI loh. Mau tau tentang Rucas.co dan keistimewaannya? Yuk kita bahas dibawah ini.

Mengenal Brand Rucas.co, Keistimewaan dan juga Keunikannya

1. Mendapat Penghargaan MURI Penjualan Terbanyak

Pada tahun 2020 tepatnya 15 Juli 2020, Produk celana jeans seri RucasXBimoPD memecahkan rekor penjualan sebanyak 2.427 dalam waktu satu jam. Produk celana jeans Rucas yang berkolaborasi dengan youtuber Bimo Putra Dwitya ini ternyata diminati oleh masyarakat.

Kemudian selang satu tahun, yaitu pada tahun 2021, Rucas yang berkolaborasi dengan tim Bigetron Esports dengan merilis tiga produk yaitu Jersey: The Collaboration, Jeans: The Art Of Paint dan Jeans: The King Of Snow, kembali memecahkan rekor MURI untuk produk jeansnya yaitu sebagai Penjualan Celana Jeans Terbanyak Secara Daring Dalam Waktu 15 Menit.

Namun mengenai penjualan, meski nggak mendapatkan rekor MURI kembali, uniknya beberapa produk Rucas bisa terjual habis tanpa menampilkan produknya. Seperti ketika Rucas merilis seri Rucas Black Pearl Flannel yang terjual habis dalam kurun waktu 6 menit sebanyak 680 pcs.

Ada pula edisi Rucas season 9 collection Life Is Full Surprises' T Shirt, yang terjual habis sebanyak 626 pcs dalam kurun waktu 3 menit, lagi-lagi tanpa menampilkan produknya.

2. Produk Eksklusif dan Limited

Setiap kali rilis produk, brand ini mempunyai patokan hanya dibeli maksimal 1 orang satu pcs. Bahkan yang menjadikan produk Rucas terbatas adalah, edisi atau seri produk yang telah dirilis nggak akan kembali dirilis atau diproduksi ulang.

Dan menariknya disalah satu edisi Rucas season 9 collection Life Is Full Surprises' T Shirt atau Rucas “Year Of Dragon” Skeleton Tee, terdapat sertifikat yang diberikan, sehingga menjadikan produk tersebut semakin eksklusif bagi pembelinya.

3. Rilis di Website Dengan Sistem War

Masih jarang brand lokal Indonesia yang menerapkan metode penjualan seperti Rucas. Mungkin beberapa brand tertentu yang bisa melakukannya. Kelangkaan dan kemisteriusan Rucas cukup menarik. Kualitasnya pun terjamin menurut pelanggan setianya.

Setiap kali rilis, Rucas memanfaatkan website pribadi. Dan keunikannya tentu pada sistem pembelinya yang harus mendapatkan produk dengan cara bersaing dalam kurun waktu yang ditentukan. Kadang kala bahkan akibat keantusiasan pelanggan, website Rucas yang menjadi tempat perilisan mengalami down dikarenakan harus bekerja dengan maksimal dalam kurun waktu yang singkat.

4. Berkolaborasi Dengan Banyak Kalangan Sebagai Model

Belakangan ini Rucas berkolaborasi dengan seseorang yang diluar prediksi, bukan model yang profesional atau publik figure yang terkenal.

Meski beberapa kali Rucas.co memanfaatkan publik figure untuk memasarkan produknya, seperti dengan Boyband CJR, Chef Juna dan Chef Renata, youtuber Bimo Putra Dwitya, Adhisty Zara, Jeremy Thomas, Persija, Bigetron Esports dan tentu saja masih banyak lagi. Tapi dengan model yang diluar prediksi ini yang menjadikan brand Rucas kian terkenal ditelinga masyarakat umum.

Rucas.co telah menggandeng seorang juru parkir dan pemulung sebagai modelnya dengan tagline atau moto semua orang bisa keren. Pak Cepi dan Pak Dedi dengan video singkat pada saat berkolaborasi dengan Rucas menarik banyak simpati masyarakat di media sosial. Dan oleh karena itulah menjadikan brand Rucas semakin nggak terdengar asing bagi kalangan umum masyarakat Indonesia. 

Kesimpulan dari Rucas.co

Sebenarnya banyak yang dapat dipelajari dari Rucas.co. Dari kesuksesan saat ini dan juga dari awal memproduksi pun Rucas konsisten dengan produk yang memiliki kualitas tinggi. Bahkan Rucas konsisten dengan stategi pemasaran yang unik, tanpa kembali memproduksi ulang produk yang telah dirilis. Hal tersebut membuat produk Rucas sangat dipercaya oleh pelanggannya dan menjadikannya barang yang langka.

Kemudian Rucas cukup aktif menggandeng beberapa kalangan publik figure dan influencer, bahkan juga masyarakat umum. Dengan berkolaborasi seperti itu tentunya membuka peluang Rucas untuk dikenal luas masyarakat.

Lalu dari pelayanan, Rucas nggak tanggung-tanggung memberikan pelayanan packaging yang menarik, seperti pembeli mendapat sertifikat edisi khusus, hanger, cover, paperbag dan lain sebagainya (note per produk berbeda). Bahkan Rucas pun cukup cepat tanggap dengan komlain pembeli, seperti ketika server down atau saran masukan detail produknya.

Seperti caption yang tertulis pada postingan 29 Mei 2022, saat Rucas Black Pearl Flannel terjual habis tanpa menampilkan foto produk, yaitu "Kepercayaan itu mahal".

Karena memang sepertinya sejak Rucas didirikan, mereka fokus pada kepercayaan pembeli yang mempercayai produk Rucas memiliki kualitas yang bagus dan juga limitied edision. Terbukti hingga sukses seperti sekarang ini Rucas masih tetap mempertahankan konsistensinya.

Misterius, berkualitas dan terbatas adalah Rucas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url